Cara Mudah Menghemat Baterai iPhone untuk Penggunaan Lebih Efisien

Sebagai yang sudah kita ketahui, kapasitas baterai pada iPhone selalu menjadi topik pembicaraan yang hangat. Meskipun demikian, sejauh ini kapasitas baterai iPhone belum mencapai ukuran yang sama dengan kebanyakan ponsel Android. Sebagai contoh, ponsel Android terbaru seperti Samsung S22 Ultra telah menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh, sementara iPhone 13 Pro Max hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 4.352 mAh.

Namun, ukuran kapasitas baterai yang lebih kecil pada iPhone tidak serta-merta mempengaruhi durasi penggunaannya secara signifikan. Dalam kondisi normal, baterai iPhone 13 Pro Max dengan kapasitas 4.352 mAh dapat bertahan selama 43 jam dari penggunaan penuh hingga kosong, dengan penggunaan normal sekitar 7 jam setiap harinya. Dalam hal ini, diperhatikan bahwa durasi penggunaan baterai tidak hanya tergantung pada kapasitasnya, tetapi juga dipengaruhi oleh sistem operasi dan hardware yang menopang ponsel.

Jadi, meskipun kapasitas baterai iPhone relatif lebih kecil dibandingkan dengan ponsel Android pada umumnya, namun penggunaannya tetap dapat berjalan cukup lama dengan dukungan sistem operasi dan hardware yang memadai.

Baterai iPhone yang boros atau cepat habis tidak hanya disebabkan oleh kapasitasnya saja. Ada beberapa penyebab lainnya, salah satunya adalah usia baterai yang sudah lama. Untuk mengatasi hal ini, Selular.ID telah mengumpulkan tips mudah agar baterai iPhone tidak boros, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Pertama-tama, gunakanlah charger orisinal dari Apple.

Hal ini sangat penting karena output daya pada charger orisinal telah dirancang sesuai dengan kapasitas baterai iPhone. Sebaliknya, penggunaan charger abal-abal dengan output daya yang tidak sesuai dapat merusak kesehatan baterai iPhone dan mengakibatkan durasi penggunaan yang lebih singkat. Menurut laman resmi Apple, penurunan kesehatan baterai dapat memengaruhi durasi pemakaian perangkat secara keseluruhan. Jadi, menggunakan charger orisinal dari Apple dapat membantu menghemat baterai iPhone 

2. Lakukanlah pembaruan perangkat lunak secara rutin untuk menghemat baterai iPhone.

Biasanya, pembaruan sistem operasi membawa fitur-fitur baru yang penting, termasuk fitur hemat baterai. Sebagai contoh, mulai dari versi iOS 13 dan yang lebih baru, Apple memperkenalkan fitur yang memungkinkan iPhone berhenti mengisi baterai secara otomatis saat daya baterai mencapai 80 persen, jika perangkat sedang digunakan secara intens.

Fitur ini membantu memperpanjang usia baterai dan menjaga kesehatannya dengan menghindari pengisian baterai yang berlebihan. Selain itu, pembaruan perangkat lunak juga dapat memperbaiki bug dan meningkatkan performa iPhone secara keseluruhan. Dengan demikian, melakukan pembaruan perangkat lunak secara rutin sangat penting untuk menjaga baterai iPhone dan memperpanjang umur baterainya.

3. Hindarkan iPhone dari paparan suhu ekstrem.

untuk menjaga kesehatan baterainya. Meskipun iPhone dirancang untuk beroperasi pada suhu antara 16 hingga 22 derajat Celsius, paparan suhu ekstrem dapat mempercepat penurunan kesehatan baterai secara drastis. Paparan suhu ekstrem bisa berasal dari penggunaan internal perangkat atau lingkungan eksternal sekitar.

Dalam hal ini, melakukan pembaruan sistem operasi seperti yang dijelaskan sebelumnya, dapat membantu iPhone menghentikan pengisian daya saat suhu perangkat melebihi batas yang disarankan. Dengan demikian, menghindarkan iPhone dari paparan suhu ekstrem merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang umur baterai iPhone.

 4. Mengisi daya tidak lebih dari 80 persen

Untuk menghemat baterai iPhone, kamu bisa mengisi daya tidak lebih dari 80 persen saat sedang menggunakannya secara intens seperti bermain game atau merekam video dalam waktu lama. Penggunaan intens bisa meningkatkan temperatur iPhone dan bila dilakukan bersamaan dengan pengisian daya, kesehatan baterai iPhone bisa turun secara drastis. Pastikan untuk tidak mengisi daya lebih dari 80 persen saat iPhone sedang digunakan secara intens. Di iPhone dengan sistem operasi versi iOS 13 ke atas, terdapat fitur otomatis untuk menghentikan pengisian daya di 80 persen saat terdeteksi peningkatan temperatur iPhone.

5. Mengaktifkan fitur otomatis

Untuk menghemat baterai iPhone, langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur kecerahan otomatis. Fitur ini bisa membantu menyesuaikan tingkat kecerahan layar iPhone sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar pengguna, sehingga bisa menghemat konsumsi baterai. Kamu bisa mengaktifkan fitur kecerahan otomatis dengan mengakses menu "Aksesibilitas" di pengaturan perangkat, memilih opsi "Layar & Ukuran Teks", dan menggeser toggle "Kecerahan Otomatis" ke posisi on. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan tips mudah ini untuk menghemat baterai iPhone agar bisa lebih tahan lama.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat baterai iPhone kamu. Mulai dari menggunakan charger orisinal Apple, melakukan pembaruan sistem operasi secara rutin, menghindari paparan suhu ekstrem, mengisi daya tidak lebih dari 80 persen saat iPhone digunakan secara intens, dan mengaktifkan fitur kecerahan otomatis. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan baterai iPhone kamu bisa lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! dan menjaga kesehatannya agar tetap optimal.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menghemat Baterai iPhone untuk Penggunaan Lebih Efisien"